Waspadai Banyak Bentuk Ransomware Dalam Dunia Bisnis
Waspadai Banyak Bentuk Ransomware Dalam Dunia Bisnis

Waspadai Banyak Bentuk Ransomware Dalam Dunia Bisnis

151 views

epsonprinterdrivers.com– Ransomware telah terbukti menjadi masalah besar bagi perusahaan baik besar dan kecil. Hal ini dapat menyerang data Anda dalam banyak cara dan membawa operasi bisnis Anda untuk berhenti lengkap.

Dalam banyak kasus itu dapat biaya ratusan ribu atau jutaan dolar untuk mendapatkan kembali akses dan menggunakan informasi bajakan.

Menurut laporan kejahatan Chainanalisis 2021 kripto, jumlah yang dibayarkan oleh korban ransomware meningkat sebesar 311% pada 2020 untuk mencapai hampir $ 350 juta senilai dengan cryptocurency, (bentuk pembayaran yang paling populer) dan masalahnya akan terus bertambah.

Secara keseluruhan pertahanan terbaik terhadap serangan ransomware adalah pelanggaran yang baik. Memahami berbagai bentuk ransomware dapat membantu perusahaan bersiap untuk intrusi. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menangani segala jenis kriminal cyber.

Pertama, bagi orang-orang asing dengan ransomware, virus ini secara diam-diam menyandikan data pengguna pada komputer mereka. Ini dapat menyusup ke sistem Anda dan menolak akses ke informasi kunci, menghambat atau mematikan semua aktivitas bisnis.

Setelah penyusup telah mencuri dan dienkripsi data, pesan dapat muncul menuntut sejumlah uang dibayar untuk mendapatkan kembali akses ke informasi. Korban hanya punya waktu untuk membayar kejahatan cyber. Jika batas waktu berlalu tebusan dapat meningkatkan.

Waspadai Banyak Bentuk Ransomware Dalam Dunia Bisnis

Beberapa jenis ransomware memiliki kemampuan untuk mencari komputer lain pada jaringan yang sama untuk menginfeksi. Yang lain menginfeksi host mereka dengan lebih banyak malware, yang dapat menyebabkan pencurian kredensial log masuk. Ini sangat berbahaya untuk informasi sensitif, seperti password untuk rekening bank dan Keuangan.

Dua tipe utama dari ransomware yang disebut kripto ransomware dan loker ransomware. Kripto ransomware menyandikan berbagai berkas pada komputer sehingga pengguna tidak dapat mengaksesnya. Loker ransomware tidak mengenkripsi berkas. Sebaliknya, itu” kunci ” korban dari perangkat mereka, mencegah mereka dari menggunakannya. Setelah mencegah akses, itu mendorong korban untuk membayar uang untuk membuka perangkat mereka.

Banyak dikenal cyberattacks dengan ransomware telah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Termasuk ini…

“WannaCry” tahun 2017. Menyebar ke 150 negara termasuk Inggris. Itu dirancang untuk memanipulasi kerentanan Windows. Pada bulan Mei tahun itu, telah terinfeksi lebih dari 100.000 komputer.

Baca Juga:

Serangan WannaCry mempengaruhi banyak rumah sakit Inggris Trust, biaya NHS sekitar £92 juta. Pengguna terkunci dan tebusan dalam bentuk Bitcoin diminta. Serangan itu mengungkap penggunaan sistem yang bermasalah. Serangan cyber menyebabkan kerugian seluruh dunia sekitar $ 4 miliar.

Ryuk adalah serangan ransomware yang menyebar di pertengahan 2018. Ini menonaktifkan sistem Windows Restore pilihan pada komputer PC. Tanpa bantuan, tidak mungkin untuk mengembalikan file yang dienkripsi. Ini juga dienkripsi jaringan drive. Banyak organisasi yang menjadi target di Amerika Serikat. Tebusan yang diminta telah dibayar, dan kerugian diperkirakan mencapai $ 640.000.

KeRanger dianggap sebagai serangan ransomware pertama yang berhasil menginfeksi komputer Mac, yang beroperasi pada platform OSX. Itu dimasukkan ke instaler dari klien BitTorrent sumber terbuka, juga dikenal sebagai transmisi. Ketika pengguna mengunduh pemasang yang terinfeksi, perangkat mereka menjadi terinfeksi dengan ransomware. Virus berdiam selama tiga hari dan kemudian mengenkripsi kira-kira 300 jenis berkas yang berbeda.

Selanjutnya, mengunduh sebuah berkas yang berisi tebusan, menuntut satu Bitcoin dan memberikan petunjuk tentang cara membayar tebusan. Setelah tebusan dibayar, file korban didekripsi.

Akhir Kata

Demikian yang bisa kami sampaiakan terkait pemabahasan ini, semoga kalian akan lebih hati-hati dalam menjalankan bisnis. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *